Teknik Arsitektur UNTAG Surabaya Menjadi Sahabat KBS Sejak Tahun 2014

Selasa, 11 Oktober 2016 - 14:35:22 WIB
Dibaca: 249 kali

 Teknik Arsitektur UNTAG Surabaya menjadi sahabat Kebun Binatang Surabaya (KBS) sejak tahun 2014 bersama organisasi kemasyarakatan lainnya sebagai wujud kepedulian demi kemajuan KBS. Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Rektor II UNTAG Surabaya Dr. Ir. RA. Retno Hastijanti, MT kepada warta17agustus.com, Senin (10/10/2016).

“YPTA Surabaya (Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945) melalui Politeknik UNTAG Surabaya telah menjalin kerjasama dengan KBS. UNTAG Surabaya sendiri memulai dari pembuatan green map KBS, pembuatan website KBS oleh BSI (Badan Sistem Informasi),” ungkap dosen Teknik Arsitektur itu.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Dr. RA. Retno Hastijanti, Teknik Arsitektur akan membuat master plan untuk KBS minimal untuk 5 tahun kedepan. Master plan sudah dipresentasikan kepada Pemerintah Kota Surabaya dan pihak KBS sendiri pada tanggal 27 September 2016 kemarin.

“Bu Risma (Wali Kota Surabaya) kemarin menyampaikan yang utama adalah menyambungkan KBS  dengan pembangunan Terminal Joyoboyo, karena di terminal ini nantinya ada meeting point antara trem dan mono rail. Selain itu, juga dibangun tempat parkir tingkat di Terminal Joyoboyo untuk pengunjung KBS, sehingga nanti di KBS tidak ada tempat parkir melainkan parkir di Joyoboyo,” katanya.

Sementara itu, keterlibatan mahasiswa Teknik Arsitektur sebagai sahabat KBS sudah berlangsung dua tahun lalu dalam pembuatan green map KBS, sehingga mahasiswa tahu tentang potensi yang bisa dikembangkan di KBS. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan senang karena belajar sambil rekreasi.

“KBS bisa menjadi tempat belajar bagi mahasiswa yang menyenangkan. Sedangkan yang diterjunkan ke KBS adalah mahasiswa mulai semester 3, ada yang magang juga disana,” tambah Dr. RA. Retno Hastijanti. Dosen Teknik Arsitektur tersebut berharap kerjasama yang sudah terjalin baik antara UNTAG Surabaya dengan KBS bisa diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan berkelanjutan.

Pihak KBS sendiri berharap dengan adanya kerjasama ini dapat membantu percepatan pembenahan dan memajukan KBS ke arah yang lebih baik, sebagai lembaga ex-situ konservasi, edukasi, dan taman rekreasi terpadu.

Agenda Kegiatan





Links