BKUI UNTAG Surabaya Berpartisipasi dalam Pelatihan Penguatan Kantor Urusan Internasional di ITS

Rabu, 08 Mei 2019 - 09:20:40 WIB
Dibaca: 150 kali

       Internasionalisasi pendidikan dipandang perlu untuk menghadapi persaingan pasar ekonomi bebas. Pada tahun 2019 ini Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah berjalan. Banyak tenaga atau wirausahawan asing/luar negeri masuk nusantara ini. Berdasarkan hal ini lembaga pendidikan harus mempunyai strategi yang mumpuni untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia/output agar dapat bersaing di kanca internasional.

        UNTAG Surabaya merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang terus berkembang untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitasnya. Pada tahun ini UNTAG Surabaya sudah terakreditasi A. Oleh karena itu, tantangan ke depan UNTAG Surabaya harus menuju standarisasi ranking dunia yakni World Class University . Untuk merealisasikan hal tersebut UNTAG Surabaya memerlukan strategi yang tepat dan tidak menyimpang dari visi dan misi UNTAG Surabaya sebagai kampus nasionalisme.

        Strategi untuk menuju World Class University ini membutuhkan bagian tersendiri agar konsen terhadap isu-isu dan persoalan internasional. Oleh karena itu, UNTAG Surabaya terdapat Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) untuk mewadahi hal tersebut. Melalui hal ini, perlu adanya penguatan bagian ini. Sehingga UNTAG Surabaya mengikuti Pelatihan Penguatan Kantor Urusan Internasional (KUI) di ITS. Dalam hal ini UNTAG Surabaya diwakili oleh Royan Khusnul Arief dari Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Rabu – Jumat, 10 – 12 April 2019 di Gedung Rektorat ITS. Fasilitator acara ini adalah International Office ITS. Pembicara dalam acara ini adalah Dr. Maria Anityasari selaku Director of Directorate of International Partnership, coordinator staf, staf, dan para student volunteer. Selain itu, pada acara ini mengundang perwakilan dari kampus Luar Negeri diantaranya TAU Philipines, Mahidol University Thailand, KMITL Thailand, KMUTNB Thailand, UNIMAP Malaysia, Chitkara University India, dan Providence University Taiwan. Peserta pelatihan diberi kesempatan untuk promosi kampusnya dan mengajak kerjasama dengan kampus Luar Negeri yang hadir pada acara ini. Sehingga hal ini membuka pintu untuk bersinergi dengan kampus Luar Negeri.

            Materi yang dipaparkan dalam acara ini dikemas secara menarik dan tidak membuat bosan. Materi yang disampaikan dalam cara ini meliputi Globalization: Challengers and Opportunities, Understanding World Class University Ranking, Internatioalization Strategies of Asian Universities, Developing Internationalization Strategy, Exploring Partnership Opportunities Through International Education Exhibitions, Handling Partnership and MoU, Initiating Collaborations with Non-University Partners, Initiating and Managing Consortiums, Preparing Promotional Materials, Developing and Managing Website, Social Media, and Information and Management System (MIS), Managing International Student, Creating Short Program, Internationalization at Home for Faculty Members, Non-Academic Staffs, and Students, and Managing Student Volunteers. Pada hari kedua diadakan city tour untuk berkunjung ke desa binaan ITS dan Pemkot Surabaya dan menikmati suasana malam kota pahlawan.

Agenda Kegiatan





Links