Pengabdian Masyarakat dengan Universitas Trunojoyo Madura dan Palacky University Czech Republic

Senin, 06 Januari 2020 - 10:23:38 WIB
Dibaca: 88 kali

              Sebagai salah satu bentuk realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, UNTAG Surabaya bekerjasama dengan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dan Palacky University Olomouc Czech Republic menggelar acara pengabdian masyarakat di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. UNTAG Surabaya sebagai co-host dalam acara ini dan sebelumnya memang kampus merah putih ini sudah melakukan kegiatan KKN dari tahun ke tahun untuk membangun desa ini. Kegiatan di desa ini berlangsung sejak tanggal 27 Agustus sampai dengan tanggal 1 Oktober 2019 dan puncak acaranya pada tanggal 27 September 2019.

               Acara ini diikuti oleh 4 (empat) mahasiswa UTM, 13 (tiga belas) mahasiswa Palacky University Olomouc Czech Republic, dan 10 (sepuluh) mahasiswa UNTAG Surabaya. Adapun dosen pendamping dan struktural sebanyak 13 (tiga belas) orang. Acara dibuka oleh Kepala Desa Wonomerto dan Wakil Rektor II UNTAG Surabaya. Pengabdian ini terbagi menjadi 2 (dua) spot yaitu tempat wisata Sumber Biru yang merupakan tempat kegiatan Revitalisasi Situs Batu Tapak Seno dan sosialisai Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan selanjutnya di tempat pengolahan bolu susu.

               Desa wonomerto merupakan penghasil susu sapi, kesulitan tempat market menjadi faktor utama desa ini dalam mempromosikan produk susu. Oleh karena itu, inovasi dari UNTAG Surabaya menjadikan susu sapi menjadi bentuk olahan makanan berupa bolu susu. Nantinya bolu susu ini akan dipasarkan ke luar desa wonomerto untuk dijual. Selain itu, pengabdian ini juga ingin menampakkan kembali situs yang sudah tidak terawatt yaitu “Situs Batu Tapak Seno” yang nantinya sebagai destinasi wisata budaya baru di Desa Wonomerto.                         

Agenda Kegiatan





Links