Opening Ceremony Magang Bersertifikat Batch 2 di Pelindo III

Senin, 06 Januari 2020 - 11:05:54 WIB
Dibaca: 8 kali

       Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). PMMB merupakan program dari FHCI yang bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Program ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di perusahaan-perusahaan milik negara.

          Untag Surabaya kali pertama ikut serta dalam program PMMB. Program ini melatarbelakangi kesenjangan antara kurikulum PTN/PTS dengan kebutuhan industri di lapangan. Untuk programnya sendiri sudah memasuki batch ketiga, tetapi Untag Surabaya baru bergabung pada batch ini.

       Dalam program PMMB ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman secara langsung di dunia industri, mendapatkan sertifikat industri dan atau sertifikat kompetensi serta uang saku. Adapun pelaksanaannya dimulai pada bulan Agustus hingga 6 bulan kedepan. Dikarenakan pelaksanaan magang sesuai jam kerja pada masing-masing kebijakan perusahaan, maka mahasiswa diperkenankan mengambil kelas malam atau cuti kuliah agar tidak mengganggu jam perkuliahan.

         Sejumlah 19 mahasiswa Untag Surabaya yang berminat untuk mengikuti program PMMB kali ini. Namun, karena terdapat seleksi dan juga match up kebutuhan posisi magang dengan ketersediaan mahasiswa magang, hanya 5 mahasiswa yang berkesempatan magang di BUMN.

       Keempat mahasiswa itu adalah Agil Firman Dana P. (Manajemen) penempatan di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Gilang Eka Vigo Astafir Akbar (Teknik Listrik Industri) penempatan di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Sahrul Ramadhan (Teknik Mesin) penempatan di PT Perusahaan Gas Negara, Mochammad Nur Hansyah (Teknik Mesin) penempatan di Pertamina, dan Rizky Eko (Teknik Mesin) penempatan di PT Boma Bisma Indra (Persero).

       Pada Kesempatan kali ini (30/7/2019) acara pembukaan PMMB di Pelindo III bertempat di Gedung Barunawati Surabaya. Acara ini dibuka oleh pimpinan Pelindo III dan Perwakilan Rektor Perguruan Tinggi yang menghadiri acara ini. Beberapa penampilan dari mahasiswa magang yang di Pelindo III tampil di acara ini. Selain itu, acara ini juga merupakan ceremonial penandatanganan MoU antara UNTAG Surabaya dengan Pelindo III.

Agenda Kegiatan





Links