MoU Signing dengan Pemerintah Kabupaten Bangkalan

Senin, 04 Mei 2020 - 11:20:11 WIB
Dibaca: 15 kali

Kabupaten Bangkalan dengan luas 1.260,14 Km² yang berada di bagian paling barat dari pulau Madura terletak pada posisi 112° 40’ 06” sampai 113° 08’44” Bujur Timur dan 6o51’39” sampai 7°11’39” Lintang Selatan dengan batas-batas Wilayah antara lain, sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Timur berbatasan dengan Wilayah Kabupaten Sampang, dan  sebelah Selatan dan Barat berbatasan dengan Selat Madura.

Wilayah Kabupaten Bangkalan terbagi menjadi 18 Kecamatan dan 281 desa/kelurahan atau lebih spesifik terdiri 273 desa dan 8 Kelurahan. Dilihat dari topografi, kabupaten Bangkalan berada pada ketinggian 2- 100 m di atas permukaan laut. Wilayah yang terletak di pesisir pantai, antara lain, kecamatan Sepulu, Bangkalan, Socah, Kamal, Modung, Kwanyar, Arosbaya, Klampis, Tanjung Bumi, Labang dan kecamatan Burneh mempunyai ketinggian 2-10 m di atas permukaan laut. Sedangkan wilayah yang terletak pada bagian tengah mempunyai ketinggian antara 19-100 m di atas permukaan air laut. Lokasi tertinggi terletak di kecamatan Geger dengan ketinggian 100m diatas permukaan laut.

Pembangunan di segala bidang yang telah digalakkan oleh Pemerintah besama masyarakat selama ini menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan, hal ini tidak lepas dari Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Bangkalan yang berkinerja baik. Pemerintah Kabupaten Bangkalan memiliki visi yaitu "Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bangkalan yang Religius dan Sejahtera Berbasis Potensi Lokal". Rumusan visi tersebut terdiri dari 3 unsur frasa kalimat yaitu, terwujudnya masyarakat Kabupaten Bangkalan yang religious, terwujudnya masyarakat Kabupaten Bangkalan yang sejahtera, dan potensi lokal sebagai basis tercapainya masyarakat Bangkalan religius dan sejahtera.

Dalam rangka mencapai visi Kabupaten Bangkalan, dirumuskan misi yang akan dilaksanakan sebagai berikut:

        1. Meningkatkan fasilitasi pembangunan sosial, Pendidikan dan Kesehatan.
        2. Meningkatkan Fasilitasi ekonomi kerakyatan berbasis pada UMKM, pertanian, peternakan, perkebunan, perindustrian dan perikanan.
        3. Mewujudkan rasa aman dan adil pada masyarakat.
        4. Meningkatkan pembangunan kehidupan keagamaan masyarakat yang lebih baik.
        5. Menyelenggarakan birokrasi pemerintahan yang profesional, bersih dan berakhlak.
        6. Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berbasis pada pemerataan wilayah dan berwawasan lingkungan.
        7. Memantapkan potensi sosial budaya lokal untuk peningkatan daya saing daerah.
        8. Mendorong iklim investasi yang berbasis pada potensi ekonomi daerah.

 

Selaras dengan hal itu, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya memiliki visi dan misi untuk memperluas jejaring. Pada Kamis (9/4/2020) UNTAG Surabaya dengan Pemerintah Kabupaten Bangkalan melakukan penandatanganan MoU di Kantor Pemerintahan Kabupaten Bangkalan, Jalan Soekarno Hatta No 35. Konsep Kampus Merdeka yang dideklarasikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga mendorong kampu suntuk banyak berkolaborasi dan bekerjasama dengan instansi pemerintah tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Bangkalan. Dalam penandatangan MOU ini diharapkan kedua belah pihak dapat berkolaborasi dan bekerjasama dalam kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Selain itu juga dilakukan kegiatan diseminasi hasil baik penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Program Kuliah Kerja Nyata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya telah banyak berkegiatan dan membantu terangkatnya kesejahteraan dan potensi lokal di beberapa desa di wilayah Kabupaten Bangkalan.

Agenda Kegiatan





Links