Kolaborasi 3 Negara: Penandatanganan Naskah Kerjasama dan Kuliah Umum

Senin, 18 Mei 2020 - 10:47:24 WIB
Dibaca: 14 kali

Coronovirus disease (Covid-19) merupakan pandemi dunia yang belum berhenti hingga saat ini. Dunia pendidikan ramai menggunakan pembelajaran virtual untuk kelangsuangan kegiatan akademiknya. Pada Hari Jumat (15/5/2020) UNTAG Surabaya melakukan kerjasama dengan Konsorsium Perguruan Tinggi Provider (Kopertip) untuk menyelenggarakan MoU Signing dan Kuliah Umum. Acara ini menghadirkan kolaborasi tiga negara yaitu Indonesia  Malaysia, dan Timor Leste  Kegiatan ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Dr. Muaffaq Achmad Jani, M.Eng selaku Wakil Rektor III Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan, dan Alumni dan Wiwin Widiasih, S.T., M.T. mewakili proses penandatanganan naskah kerjasama. Perihal penandatanganan MoU dilakukan antara UNTAG Surabaya dengan Kopertip dan Institute of Business (IOB) Dili Timor Leste. Penandatanganan Record of Discussion (ROD) tertuang antara UNTAG Surabaya dengan Kopertip dan Politeknik Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah Malaysia. Perguruan Tinggi Indonesia yang mengikuti acara ini diantaranya Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Kadiri, STMIK Widya Utama, Politeknik Piksi Input Serang, dan Universitas Flores Ende, NTT.

        Isi dari naskah kerjasama ini yaitu:

  1. 1. Pengembangan kursus bersama dan program pendidikan.
  2. 2. Bekerjasama untuk membina siswa berprestasi.
  3. 3. Pertukaran mahasiswa, dosen, dan staf tenaga kependidikan.
  4. 4. Kolaboarsi pembelajaran online (digital class).
  5. 5. Mengadakan seminar bersama, conference, symposium, dan workshop.
  6. 6. Melaksanakan perjanjian terpisah secara tertulis untuk hal tertentu dalam implementasi bersama yang mana berbagi tanggung jawab harus ditentukan dan     
  7.     disetujui oleh ketiganya (Para Pihak).

      Setelah usai penandatanganan naskah kerjasama, acara dilanjut dengan Kuliah Umum yang mana Ibu Rozita Halina Rosli sebagi keynote speaker. Beliau adalah Senior Lecturer Department of Commerce, Politkenik Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah Malaysia. Bapak AB. Susanto, dosen FPIK UNDIP dan juga pembina Kopertip Indonesia menjadi moderator dalam sesi ini. Kuliah Umum bertajuk “Perkembangan Ekonomi melalui Digital Marketing”. Peserta dalam kuliah online yaitu mahasiswa dari masing-masing negara dengan jumlah kuota 500 peserta.

Agenda Kegiatan





Links