Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI), Biro Rektor, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya yang berada di bawah naungan Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 Surabaya merupakan suatu unit kerja berfungsi untuk mendukung tercapainya tujuan universitas yang berkaitan dengan jejaring kerjasama (networking) dan mampu mengoptimalkan tercapainya visi misi UNTAG Surabaya baik dalam negeri maupun luar negeri. BKUI memiliki tugas untuk melakukan kajian kerjasama dengan mitra, meningkatkan produktivitas kerjasama, dan menjaga relevansi kerjasama dengan mitra Dalam Negeri maupun Luar Negeri. BKUI memiliki peran untuk menumbuhkan suasana kerjasama yang kondusif dan kesadaran civitas academica terhadap kegiatan internasional.

Dari tahun ke tahun BKUI telah menjalankan tugasnya dengan baik yaitu mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif sesuai tujuan universitas untuk menuju ke World Class University (WCU). Kegiatan ini tidak akan berjalan apabila tidak ada kontribusi dan kerjasama yang baik antara civitas academica UNTAG Surabaya.  Oleh karena itu, peran civitas academica sangat penting dalam mewujudkan mimpi kampus merah putih ini. “Menjadikan kampus unggul dan berkarakter bangsa” menjadi tolak ukur kami dalam merencanakan program kerja. Sehingga kelak UNTAG Surabaya dapat menjadi kampus Internasional yang berkepribadian sesuai dengan ideologi bangsa yaitu Pancasila.

Kerjasama ini dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA). Bentuk kegiatan sebagai implementasi kerjasama antara Untag Surabaya dengan mitra antara lain:

  1. Penelitian (Joint Research)
  2. Pengabdian masyarakat
  3. Pertukaran dosen (Staff Exchange, Dosen Tamu, Pertukaran Penguji TA)
  4. Pertukaran mahasiswa (Students exchange, Intersship Program, Community Service, dll)
  5. Pertukaran Budaya (Cultural Exchange)
  6. Seminar bersama
  7. Conference
  8. Kredit Transfer
  9. Workshop
  10. Blended Learning